Resensi Buku Gara-gara Indonesia: Indonesia Itu Keren, Lho!

Bismillah, hai saungers yang makin keren aja. Semoga ukhuwah kita makin erat ya. Aamiin! Aku mau share nih. Buku ini dah lumayan lama aku baca, namun masih belum selesai. Kepotong dengan buku-buku lainnya. Tapi nggak ada salahnya dong aku share tentang buku ini. Sebenarnya buku ini akan dibedah insya allah pekan depan di pekanan. Bonus deh buat saungers. Buat pancingan, hehe... kayak ikan aja.

GARA-GARA INDONESIA
Itulah judulnya. Awal baca dengan selintas, bermakna negatif. Gara-gara Indonesia? Maksudnya? Ko nyalahin Indonesia? Apa yang dilakukan Indonesia? Penulis berhasil membuatku penasaran. Ah, pasti tentang sejarah. Aku lihat covernya ada bendera, foto-foto sejarah, dan foto penulis. Buku sejarah, buku yang kurang aku sukai. Menjenuhkan. Pasti buku serius. Tak lagi kulirik promo buku itu di salah satu akun yang tak asing buatku.

Aku makin tertarik pengen baca ketika bertemu langsung dengan penulisnya dan cerita-cerita yang menakjubkan setelah membaca buku itu. Subhanallah, aku takjub dengan beliau. Agung Pribadi. Beliau adalah asisten Bunda Asma, dengan keterbatasannya dalam bergerak. Dia mampu menghasilkan buku "keren". Aku katakan demikian setelah aku tahu, betapa kerennya buku ini. Betapa berpengaruhnya buku ini terhadap pembacanya. Sampai-sampai beliau diundang sebagai pembicara di berbagai acara. Bahkan buku ini jadi buku wajib di perangkat Desa/ Kecamatan di salah satu Desa/ Kecamatan di Indonesia. Aku lupa nama Desa/ Kecamatannya. Bahkan Pak Menteri pun memuji buku ini.

Agung Pribadi merupakan historivator pertama di Indonesia. Historivator? Kata baru, bagiku. Apa itu historivator? Aku mendapat jawabannya di halaman xii. Historivator itu yang melakukan historivasi. Apa pula itu historivasi? Historivasi adalah salah satu upaya untuk menjadikan sejarah sebagai sumber motivasi dan inspirasi.  Historivasi membuat sejarah bukan sekadar hafalan, bukan sekadar mengetahui urutan peristiwa, tapi lebih dari itu.

Maka aku rasa nggak berlebihan pula bila bunda Asma pun testimoni di cover, "Sejarah diajarkan seperti buku ini, bukan hafalan tahun, nama, atau urutan peristiwa, tapi punya muatan motivasi yang istimewa."

Di halaman v Pak Isa Alamsyah, writing coach. Mengawali paragraf pertamanya dalam sebuah pengantar dengan kalimat membuat kita makin penasaran.

Gara-gara Indonesia, peta dunia berubah.
Gara-gara Indonesia, Amerika kalah perang di Vietnam.
Gara-gara Indonesia, Napoleon kalah perang.Kalau tidak ada Indonesia, mungkin Amerika tidak ditemukan bangsa Eropa abad ke-15.
dst.......

Fakta-fakta yang bikin kita melek. Sekeren itukah negeri kita ini? Yups! Buku ini bikin aku 'ngeh'. Betapa Indonesia itu sangat berpengaruh terhadap perubahan dunia. Banyak banget peristiwa besar yang mengubah dunia di pengaruhi Indonesia.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.